find article

Custom Search

Thursday, October 9, 2008

FFPK 2008

CALLING FOR ENTRIES
FESTIVAL FILM PENDEK KONFIDEN 2008


PENGANTAR
Festival Film Pendek Konfiden 2008 (FFPK 2008), Yayasan Konfiden untuk ketiga kalinya menggelar kompetisi film pendek Indonesia. Sebuah festival film yang ikut melangkah dalam perjalanan panjang perkembangan film pendek Indonesia. Sebuah festival yang hendak memperkaya pemahaman atas wacana aktual dalam konteks ke-Indonesia-an lewat media film pendek. Konfiden memahami dan menyikapi realitas keragaman Indonesia sebagai sebuah proses belajar yang terbuka dan tanpa henti. "Menjadi Indonesia" dengan kesadaran akan keragamannya adalah meniti jalan tanpa ujung.

Atas dasar itu pula, mulai FFPK 2008 ini, Konfiden tidak menetapkan tema festival sebagai acuan bagi film-film pendek peserta kompetisi FFPK. Konfiden mengajukan tema festival secara khusus sebagai wacana yang melingkupi keseluruhan kegiatan festival untuk menjadi bahan dialog, kritik, atau perenungan. Bukan tema yang hendak didahulukan dalam program kompetisi FFPK, melainkan sebuah karakter festival film pendek yang telah diusung Konfiden sejak 2006 lalu, yaitu festival film yang mengedepankan film-film pendek yang bersifat naratif dan komunikatif, menawarkan gagasan yang segar, dan menawarkan keberanian menjelajahi bahasa visual.

PROSES PENILAIAN FILM
Karya-karya dokumenter dan fiksi yang diterima memiliki durasi tidak lebih dari 30 menit, berupa DVD Video atau Mini DV PAL. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 5 Mei 2008 dan ditutup pada tanggal 18 Juli 2008. Semua karya yang didaftarkan akan melalui proses seleksi yang akan dilakukan oleh Dewan Program*. Hasil lolos seleksi akan diumumkan dalam situs web www.festivalfilmpendek.konfiden.or.id pada tanggal 30 Agustus 2008.

Semua film pendek yang lolos seleksi akan diputar di Festival Film Pendek Konfiden 2008 selama tanggal 9 – 14 November 2008 di area Taman Ismail Marzuki dan akan dinilai oleh Dewan Juri* dan peraih penghargaan akan diumumkan dalam upacara penutupan Festival Film Pendek Konfiden 2008 pada tanggal 15 November 2008.

Festival Film Pendek Konfiden 2008 akan memberikan penghargaan kepada 5 (lima) peserta dengan keputusan dari Dewan Juri dan penonton. Penghargaan-penghargaan tersebut adalah:

  • Penghargaan untuk Film Fiksi Pendek Terbaik
  • Penghargaan untuk Film Dokumenter Pendek Terbaik
  • Penghargaan untuk Debutan Film Fiksi Pendek Terbaik
  • Penghargaan untuk Debutan Film Dokumenter Pendek Terbaik
  • Penghargaan Konfiden (untuk film favorit penonton)

* nama-nama dewan program dan dewan juri akan diberitahukan kemudian

PENYELENGGARA
Yayasan Konfiden adalah sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pengembangan, penyebarluasan pengetahuan dan pemanfaatan media pandang dengar bagi kepentingan pemberdayaan, peningkatan apresiasi, dan dukungan atas inisiatif masyarakat.

Yayasan Konfiden bekerja di beberapa bidang: Pendidikan (lokakarya, perpustakaan, penerbitan, riset, dan konsultasi produksi), Produksi (Visual Proposal dan Gerilya Sinema), dan Eksibisi (Festival Film Pendek Konfiden – dan pemutaran film lainnya).


Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:

T. Lintang G.
Manajer
Festival Film Pendek Konfiden 2007
d/a Yayasan Konfiden
Jl. Cilandak Bawah V No. 55
Jakarta 12430
Telepon: 021-7651722
Selular: 0816-1393199
E-mail: festival@konfiden.or.id, t.lintang.g@konfiden.or.id
Situs web: www.konfiden.or.id

No comments:

Post a Comment

 

Copyright 2007 All Right Reserved. shine-on design by Nurudin Jauhari. and Published on Free Templates