find article

Custom Search

Monday, October 13, 2008

5 Langkah meningkatkan Kecepatan Komputer Untuk Editing Video

Untuk melakukan editing Video kita memerlukan sebuah komputer yang sangat optimal agar hasil yang didapat juga maksimal. Tentu saja untuk membuat komputer selalu dalam kondisi fit bukanlah suatu hal yang mudah.

Berikut ini ada 5 tip yang bisa membantu kita untuk membuat komputer tetap dalam kondisi prima;

(1) Update ZoneAlarm firewall
Jika komputer kita terkoneksi dengan internet, lakukanlah selalu update ZoneAlarm firewall. Pada saat komputer online pasti ada saja hal-hal yang tidak diinginkan mempengaruhi kecepatan komputer, terutama dari serangan spyware dan malware yang bekerja dibelakang sistem komputer dan membuat komputer lambat. Dan satu hal lagi “ZoneAlarm firewall is freeware”.

(2) Update Anti-virus protection
Antivirus akan mendeteksi dan menghapus virus yang berasal dari file download, email attachment, thumbdrives, memory card dan external drives. Jika komputer anda tidak digunakan untuk hal diatas, berarti tidak ada masalah, tetapi jika iya, maka lakukanlah selalu update Antivirus.

(3) Hapus sampah-sampah video dan audio
Sering projek kita melakukan capture atau membuat video mengalami kegagalan. Banyak file yang tidak digunakan dari hal diatas. Segera hapuslah file video dan audio yang tidak terpakai tadi, agar hard disk memiliki ruang kosong yang banyak.

(4) Gunakan CCleaner
CCleaner (Crap Cleaner) adalah perkakas privasi dan peng-optimal-an sistem gratis. CCleaner akan menghapus file-file sementara dan tidak terpakai dari sistem anda - memungkinkan Windows dapat berjalan lebih cepat, lebih efisien dan memberikan ruang simpan di hard disk lebih banyak. Yang menarik dari CCleaner kecepatan performanya, yang hanya membutuhkan satu detik untuk berjalan.

CCleaner dapat membersihkan:

  • Internet Explorer Cache, History, Cookies, Index.dat.
  • Recycle Bin, Temporary files dan Log files.
  • File-file dan URL yang telah dibuka.
  • List file yang telah dibuka dan file-file sementara program pihak ketiga. Termasuk di dalamnya: Firefox, Opera, Media Player, eMule, Kazaa, Google Toolbar, Netscape, Office XP, Nero, Adobe Acrobat, WinRAR, WinAce, WinZip dan lainnya…
  • Scanner dan cleaner pada Advanced Registry untuk menghapus entri-entri lama dan yang tidak digunakan. Seperti File Extensions, ActiveX Controls, ClassIDs, ProgIDs, Uninstallers, Shared DLLs, Font, File Bantuan, Application Paths, Ikon, Shortcut yang tidak valid dan lainnya…
  • Perkakas Windows Startup.

Berarti dengan menggunakan aplikasi ini akan membuat komputer berjalan semakin cepat.

(5) Defragment
Lakukanlah defrag secara berkala. Karena pada saat melakukan rendering, hard disk akan banyak sekali terpakai. Komputer biasanya meletakkan penempatan data secara acak pada hdd, sehingga akan membuat komputer makin lambat untuk mengakses data yang begitu besar. Setelah hasil editing dijadikan video, hapuslah data yang dianggap tidak perlu, agar kita mendapatkan ruang hard disk yang kosong lebih banyak. Barulah lakukan proses defrag. Dengan hanya klik kanan pada drive C (atau drive yg lain), pilih properties, tools dan klik defragment now.

No comments:

Post a Comment

 

Copyright 2007 All Right Reserved. shine-on design by Nurudin Jauhari. and Published on Free Templates