find article

Custom Search

Friday, September 12, 2008

Wajah dan Fenomena Perkotaan Hadir Festival Film Eropa 2008

Festival Film Eropa (Europe on Screen/EOS) digelar kembali untuk yang kedelapan kalinya dengan tema City Landscapes and Urban Visions.

Gambaran kehidupan perkotaan di 19 negara Eropa akan diwakili lewat cerita fiksi maupun dokumenter dari 28 film Eropa terbagi dalam seksi film; Across the Universe (seksi film fantasi), Urban Hype (seksi film musik), Spectrum on Urban Landscape (seksi film mengenai wajah kota), Exile in the City (seksi film mengenai masyarakat urban), Youth Film Section (seksi film kaum muda) dan Best European Short (Film Pendek Eropa Terbaik).

Mengingat target penonton yang ingin diraih EOS 2008 adalah penonton muda yang mencintai film, untuk pertama kalinya EOS melakukan klasifikasi film berdasarkan umur untuk 28 film Eropa yang diputar. Pembagiannya adalah 12DO (usia 12 tahun ke atas atau bagi yang berusia di bawah 12 tahun dengan bimbingan Orang Tua), 15+ (usia 15 tahun ke atas), 18+ (usia 18 tahun ke atas), dan SU (segala usia)

Enam film pendek terbaik Eropa serta 15 film pendek Indonesia juga turut meramaikan EOS 2008 kali ini. Total pemutaran 34 film pilihan tersebut bersifat gratis! Tiketnya dapat diperoleh di masing-masing lokasi 45 menit sebelum acara dimulai.

Yang paling menarik adalah diadakannya acara Surprise Movie, sebuah tradisi yang biasa dilakukan di bioskop-bioskop Eropa.

Tidak hanya menonton, penikmat EOS 2008 juga akan disuguhkan banyak acara lain yang menarik. Seperti, Film Poster Exhibition, Lokakarya sinematografi dengan tema Digital for Film bersama Faozan Rizal (sinematografer Indonesia), Panos Bournias (pembuat film dari Yunani), Mark Olsen (sinematografer dari New Zealand), Yudi Datau (Sinematografer Indonesia), Beatbox Workshops & Film Presentation dengan bintang tamu Mando (Juara Beatbox Championship dari Jerman), Special Screening film European Colours dan A Walk to the City of Warsaw, serta Pameran Foto yang menampilkan wajah kota Sibiu di Romania

Bekerja sama dengan Kedutaan Besar Portugal, Kedutaan Besar Belgia, Kedutaan Besar Republik Bulgaria, Kedutaan Besar Republik Federal Jerman/Goethe Institut, Kedutaan Besar Spanyol, Kedutaan Besar Perancis/Centre Culturel Français, Kedutaan Besar Italia/Istituto Italiano di Cultura, Kedutaan Besar Kerajaan Luxembourg, Kedutaan Besar Republik Hungaria, Kedutaan Besar Belanda/Erasmus Huis, Kedutaan Besar Republik, Kedutaan Besar Republik Polandia, Kedutaan Romania, Kedutaan Besar Republik Slovakia, Kedutaan Besar Finlandia, Kedutaan Besar Swedia, Kedutaan Besar Kerajaan Inggris/British Council, Kedutaan Besar Republik Turki dan Delegasi Komisi Eropa, EOS 2008 akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 24-31 Oktober 2008. Pemutarannya akan dilakukan di lima tempat yaitu Istituto Italiano di Cultura, Centre Culturel Français, GoetheHaus, Erasmus Huis, dan khusus acara pembukaan festival di Blitz Megaplex.

Partner EOS 2008, Mu-Phi Magazine akan mengadakan acara Campus Tour Project. Di setiap kampus tersebut, EOS 2008 akan menyediakan satu film beserta pembicaranya.

EOS 2008 juga akan melakukan pemutaran film di 8 kota di luar Jakarta pada tanggal 1 - 22 November 2008 bekerja sama dengan mitra-mitra seperti LIP Yogyakarta, CCCL Surabaya, Alliance Français Denpasar, CCF Bandung, Widya Mitra & Importal Semarang, Rumah Ide Makassar, Europe House Banda Aceh, serta Fotografi USU Medan.

EOS 2008 terselenggara atas dukungan Rolling Stone Indonesia,Cinemags, Mu-phi, First Movie Indonesia, Gadis, Cita Cinta, Femina, Jakarta Java Kini, Kompas Urbana, Kompas.com, Green Radio, O Channel, DVD Indies, SoundUp, Ring Master, Blitz Megaplex, dan Le Meridien Hotel.

Selamat Menonton!

No comments:

Post a Comment

 

Copyright 2007 All Right Reserved. shine-on design by Nurudin Jauhari. and Published on Free Templates