find article

Custom Search

Thursday, September 18, 2008

Forum Dokumentasi Budaya, Festival Film Pendek Bandung

Forum Dokumentasi Budaya

Sekertariat Festival Film Pendek Bandung JL. Bengawan No 82, Bandung telp 022-7275574




Festival Film Pendek Bandung

Melihat kondisi sekarang ini, video bukan sebatas alat dokumentasi semata. Selaras dengan kemajuan teknologi, dunia seni, dan informasi video mampu menjadi alat representasi dan ekspresi. Video sebagai medium mempunyai kelebihan tersendiri dibanding medium lainnya. Alhasil, kejelian itu banyak dilirik orang hingga menjadikan video sebagai karya. Terbukti, dengan maraknya penggiat film-film indie, pameran video art, experimental film, juga masih banyak genre lain di dunia video.



Dengan kondisi di atas maka, Forum Dokumentasi Budaya akan menyelenggarakan Festival Film Pendek Bandung yang akan dilangsungkan bulan Desember, pun sebagai bulan penutup tahun 2004 ini. Forum Dokumentasi Budaya sangat yakin bahwa penggiat video banyak terdapat di Bandung. Konsep global dari event ini sedikitnya dapat meng-akomodir para penggiat video dan memberikan ruang untuk penayangan ekspresinya melalui media audio visual. Maka tiga karya terpilih akan mendapatkan masing-masing sebesar Satu juta rupiah.



Konsep karya yang akan ditanyangkan adalah film berdurasi maksimal 60 menit dengan format karya DVD, VCD, dan VHS. Pengertian ‘film’ disini juga sangat dibebaskan, mengingat kondisi dan gaya para penggiat video di Bandung sangat beragam. Maka film yang masuk dalam kategori pada Festival Film Pendek Bandung bersifat video dokumenter, drama (fiksi), dan experimental film. Sejalan dengan pikiran Mc Marshall Luchan yang mengatakan medium is the message, artinya setiap karya yang layak tayang adalah karya yang mempunyai kandungan pesan. Meski dengan angle dan sifat apapun cara penyampaian pesannya.



Maka dari itu, Forum Dokumentasi Budaya sebagai pihak penyelenggara sangat berharap banyak pada seluruh penggiat video dapat mengirimkan karya pada pihak panitia. Kemajuan dunia video di Bandung khususnya, dan dunia internasional umumnya, berada di tangan pelakunya sehingga publik dapat memberikan penilaian.



Ketentuan peserta!



1.Batas pengiriman karya beserta formulir data karya dan personal tanggal 5 Desember.

2. setiap peserta wajib membikin design poster film berukuran A3, yang nantinya akn dicetak oleh panitia. File berbentuk maksimal corel draw 11 dengan font di curves.

Dan tentunya Gratis.

3. mengisi formulir pendaftaran yang ada pada attch file





Ari Suryadi Nata

(Ketua Pelaksana)

contact person : 0818-2018-76 atau 0888-331-5958 forum_dokumentasibudaya@yaho... atau aria_sn@yaho...

No comments:

Post a Comment

 

Copyright 2007 All Right Reserved. shine-on design by Nurudin Jauhari. and Published on Free Templates