find article

Custom Search

AdSense Ads

Thursday, September 18, 2008

VIDIOT: Festival Video Indonesia Belanda 2008

VIDIOT: Festival Video Indonesia Belanda 2008

VIDIOT ADALAH FESTIVAL VIDEO DUA TAHUNAN YANG BERBASIS DI KOTA SEMARANG , INDONESIA . TUJUAN DARI FESTIVAL INI ADALAH MENJADI KANAL BAGI INDIVIDU ATAU KOLEKTIF YANG MENGGUNAKAN VIDEO SEBAGAI PILIHAN BAHASA VISUAL MEREKA. FESTIVAL INI TERBUKA BAGI KARYA VIDEO DARI INDONESIA DAN BELANDA YANG NANTINYA AKAN MENJADI INSTRUMEN APRESIASI, PERBANDINGAN, SERTA PEMBELAJARAN BAGI KHALAYAK MELALUI MUATAN, EKSEKUSI VISUAL, MAUPUN MODUS PRODUKSI.
VIDEO YANG MENJADI FOKUS FESTIVAL INI ADALAH KARYA YANG MEMBEBASKAN EKSEKUSI VISUALNYA DALAM MEREKAM GAGASAN. TANPA ADA MAKSUD UNTUK MENGKOTAK-KOTAKKAN, SETIAP VIDEO DALAM FESTIVAL INI BEBAS UNTUK DIMAKNAI SEBAGAI DISIPLIN VIDEO EKSPERIMENTAL, VIDEO ART, VIDEO PERFORMANCE, VIDEO INSTALASI, VIDEO PAINTING, VIDEO SLIDESHOW, ONE FRAGMENT DOCUMENTARY, ATAUPUN SEJENISNYA.

FESTIVAL 2008
TAHUN INI VIDIOT AKAN BERLANGSUNG TANGGAL 21-23 DESEMBER 2008 DI RUMAH SENI YAITU SEMARANG . AGENDANYA MELIPUTI:

EKSEBISI SINGLE-CHANNEL VIDEO DARI PROGRAM PARTISIPASI TERBUKA KARYA VIDEO INDONESIA .
EKSEBISI SINGLE-CHANNEL VIDEO DARI PROGRAM UNDANGAN KARYA VIDEO BELANDA.
EKSEBISI INSTALATIF DARI PROGRAM UNDANGAN KARYA VIDEO INDONESIA .
PEMUTARAN MUSIK VIDEO DARI MUSISI LOKAL SEMARANG YANG VISUALISASINYA DIINTEPRETASIKAN SENDIRI OLEH PEMBUAT VIDEO DARI 6 KOTA DI INDONESIA .
PRESENTASI DAN DISKUSI BERSAMA KOMUNITAS / KOLEKTIF YANG BEKERJA DAN BERWACANA MELALUI MEDIUM VIDEO.

MENGUNDUH
SETELAH TAHUN 2006 KAMI MENGANGKAT TEMA “THE MEDIUM IS THE MESSAGE” SEBAGAI BENTUK PENGENALAN MEDIUM YANG KALA ITU MASIH TERASA AWAM BAGI RUANG GERAK KAMI DI SEMARANG, MAKA PADA PENYELENGGARAAN KEDUA INI KAMI MENGANGKAT TEMA “MENGUNDUH” ATAU FAMILIAR DENGAN ISTILAH “DOWNLOAD.”

INI ADALAH TENTANG REMIX CULTURE, INI ADALAH TENTANG OTONOMI DISTRIBUSI, INI ADALAH TENTANG PEMAKLUMAN KUALITAS VISUAL, INI ADALAH TENTANG PEMBAJAKAN, INI ADALAH TENTANG SEBUAH KARYA VIDEO YANG BERTRANSFORMASI MENJADI SEBUAH KARYA BARU, INI ADALAH SAAT PENGGULINGAN POLITISI LEWAT SKANDAL VIDEO YANG TERSEBAR DI SETIAP PONSEL, INI ADALAH TENTANG FORMAT FILE YANG MENDEFINISI SEBUAH GENRE, INI ADALAH TENTANG PIXEL YANG TERBLOW-UP, INI ADALAH CARA BARU MEMPERKUAT EKSISTENSI PERSONAL DALAM JEJARING SOSIAL MAYA, INI ADALAH MEDIUM PERGERAKAN AKTIVIS, INI ADALAH REVOLUSI INDUSTRI PRODUK KONSUMEN, INI ADALAH TENTANG PORNOGRAFI YANG BISA MENDUKUNG TEKNOLOGI, ……

INI PERNAH MENJADI HYPE BEBERAPA TAHUN LALU. DAN SAAT HYPE ITU MEMUDAR, INI BERARTI MENJADI LUMRAH. INI ADALAH NILAI BARU DARI MENONTON DAN SEMANGAT YANG LAIN DARI MEREKAM. ……INI ADALAH TENTANG SEGALANYA DARI MENGUNDUH!

============ ========= ========= ========= ========= ========= =


PARTISIPASI KARYA

PADA PENYELENGGARAAN VIDIOT KALI INI, KAMI MEMBUKA KESEMPATAN BAGI PARA VIDEOMAKER INDONESIA UNTUK DAPAT BERPARTISIPASI DALAM FESTIVAL. TIDAK ADA BATASAN TEMA KONTEN BAGI KARYA YANG DITERIMA. SETIAP VIDEOMAKER BEBAS UNTUK MEWACANAKAN KRITIK, INFORMASI HISTORIS, DOKUMENTASI LINGKUNGAN SOSIAL, KONTEMPLASI, SINKRONISASI GAMBAR ATAS MUSIK, ATAU SEKEDAR BENTUK PENJELAJAHAN KREATIF SEDERHANA LAINNYA. NAMUN SELEKSI DAN KURATORIAL AKAN MEMFOKUSKAN PADA SEMUA GAGASAN, EKPLORASI VISUAL, EKSEKUSI TEKNIS, DAN MODUS PRODUKSI YANG BERANI MERESPON TEKNOLOGI DISTRIBUSI DATA AUDIO VISUAL SECARA OTONOM DI RUANG VIRTUAL.

KETENTUAN TEKNIS
1. KARYA BERUPA VIDEO DENGAN EKSEKUSI VISUAL BEBAS SEPERTI PEMAKNAAN ISTILAH YANG TELAH DISEBUTKAN PADA DISKRIPSI FESTIVAL DIATAS.
2. DURASI MAKSIMAL 20 MENIT.
3. VIDEO BUKAN MERUPAKAN IKLAN, COMPANY PROFILE, PROGRAM TV, ATAU TRAILLER FILM.
4. VIDEO YANG DIPRODUKSI 1 JANUARI 2005 ATAU SESUDAHNYA.

PERSYARATAN PENDAFTARAN
1. PESERTA ADALAH WARGA NEGARA INDONESIA .
2. SEGALA HAK ATAS KARYA ADA PADA VIDEOMAKER.
3. PESERTA MENGISI DAN MENGIRIM FORMULIR ONLINE YANG TELAH DISEDIAKAN PADA LINK DIBAWAH.
4. PESERTA MENGIJINKAN PENYELENGGARA UNTUK, MENGUNDUH, MEMUTAR, DAN MENGAMBIL STILL FOTO DARI VIDEO DALAM KUALITAS RESOLUSI APAPUN UNTUK TUJUAN NON-KOMERSIAL FESTIVAL.
5. PENGISIAN DAN PENGIRIMAN FORMULIR PALING LAMBAT 22 NOVEMBER 2008.

PENGIRIMAN KARYA
1. PESERTA DIHARUSKAN MENGIRIM VIDEO MELALUI PROSES UPLOAD DI INTERNET. VIDEO YANG DIKIRIM TIDAK MELALUI PROSES INI TIDAK AKAN DITERIMA.
2. KARYA DAPAT DIKIRIM MELALUI SEGALA BENTUK METODE DISTRIBUSI DATA DI INTERNET. DAPAT MENGGUNAKAN FILE HOSTING, SEPERTI RAPIDSHARE, YOUSENDIT, DSB. ATAUPUN SITUS KANAL VIDEO HOSTING YANG MEMUNGKINKAN UNTUK DIUNDUH BAIK LEGAL MAUPUN ILEGAL, SEPERTI METACAFE, YOUTUBE, ENGAGEMEDIA, MYSPACETV, VISTAKU, DSB.
3. VIDEO YANG DIKIRIM DAPAT DALAM FORMAT/EKSTENSI APAPUN, SEPERTI MPG, MP4, FLV, DIVX, DSB.
4. KUALITAS RESOLUSI VIDEO TERGANTUNG DARI MATERI YANG DIKIRIM PESERTA DAN KOMPRESI SITUS KANAL VIDEO HOSTING.
5. LINK HALAMAN VIDEO YANG DIUPLOAD, DICOPY DAN DICANTUMKAN DI KOLOM YANG TELAH DISEDIAKAN PADA FORMULIR ONLINE.
6. LINK HALAMAN VIDEO DITERIMA BERSAMAAN DENGAN PENGISIAN FORMULIR ONLINE PALING LAMBAT 22 NOVEMBER 2008

ISI FORMULIR ONLINE DISINI

SELEKSI AKAN DILAKUKAN OLEH DEWAN ARTISTIK DAN PROGRAM FESTIVAL YANG TERDIRI DARI ANGGOTA IMPORTAL DAN RUMAH SENI YAITU. PESERTA YANG KARYANYA LOLOS FESTIVAL, AKAN DIHUBUNGI KEMBALI VIA EMAIL DAN DIUMUMKAN DI LAMAN BLOG WWW.VIDIOT2008. COM PADA TANGGAL 1 DESEMBER 2008.

JIKA MENJUMPAI KESULITAN TEKNIS PADA PENGISIAN FORMULIR ONLINE, DAPAT MENGHUBUNGI KAMI DI vidiot2008@yahoo. co.id
PERTANYAAN YANG TIDAK BERHUBUNGAN DENGAN MASALAH TEKNIS, TIDAK AKAN DILAYANI.

============ ========= ========= ========= ========= ========= =


TENTANG KOMITE PENYELENGGARA

IMPORTAL
ADALAH KOLEKTIF YANG FOKUS PADA PEMBERDAYAAN PENCIPTAAN HASIL PEMIKIRAN KREATIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIUM PANDANG-DENGAR POPULER, YANG SEKALIGUS SEBAGAI PERANGKAT, APRESIASI, DOKUMENTASI, DAN KAJIAN SOSIAL BUDAYA KONTEMPORER.
KOLEKTIF YANG BERDIRI AWAL TAHUN 2008 INI LUAS TERBUKA BAGI PUBLIK UNTUK BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN-KEGIATAN EKSEBISI, PERTUNJUKKAN, BENGKEL KERJA, RESIDENSI, DAN BENTUK KAJIAN WACANA LAINNYA.
DALAM PENYELENGGARAAN VIDIOT, IMPORTAL BEKERJA SAMA DAN DIDUKUNG OLEH WIDYA MITRA - LEMBAGA KEBUDAYAAN BELANDA, DAN RUMAH SENI YAITU.

SEKRETARIAT / INFO
JL. SINGOSARI 2 / 12
SEMARANG, JAWA TENGAH
TEL / FAX: 024-8450491
importalmail@ yahoo.com
kontak: 081325559192 (Damar Ardi), 024-91020238 (Diah Sekar Widhi),

No comments:

Post a Comment

Dow Jones chart for TODAY

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright 2007 All Right Reserved. shine-on design by Nurudin Jauhari. and Published on Free Templates