find article

Custom Search

AdSense Ads

Tuesday, August 5, 2008

video komunitas


video dokumenter sudah mulai dikenal oleh masyarakat indonesia. beragam acara di televisi banyak yang menawarkan bentuk dasar dari dokumenter. bentuk lain nya adalah video komunitas. tidak berbeda dengan dokumenter. video komunitas lebih pada proses pembuatannya dilakukan oleh komunitas tertentu. seperti komunitas desa A, komunitas pemuda, komunitas petani. seperti Jargon yang kita sering dengar, DARI OLEH UNTUK. hampir keseluruhan proses, anggota komunitas ikut terlibat.
bila film sudah selesai dibuat, kita dipusingkan untuk memutar video kita. siapa yang bakal nonton ya. Nah bila video komunitas, tentu saja yang menonton adalah komunitas tersebut. disinilah KEKUATAN dari video komunitas. semua adalah proses. dari proses nonton, para pembuat video bisa mendapatkan ide untuk membuat video selanjutnya. biasanya para anggota komunitas yang lain akan memberikan masukan bagi para pembuatnya.
dari mana kekuatannya? besar ide pembuatnya itu berasal dari permasalahan dari komunitas tersebut. disini video menjadi media komunikasi (efektif) yang bersifat langsung. permsalahan yang selama ini terpendam atau adanya GAPE di antara anggota komunitas bisa terpecahkan dengan adanya video ini. tentu saja video ini hanyalah media. tapi tentu saja, video komunitas ini juga bisa menjadi;
1. media komunkasi.
2. alat pembelajaran (multimedia)
3. media hiburan (layar tancap)

No comments:

Post a Comment

Dow Jones chart for TODAY

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright 2007 All Right Reserved. shine-on design by Nurudin Jauhari. and Published on Free Templates