find article

Custom Search

AdSense Ads

Tuesday, August 5, 2008

mirror mask


Judul : mirror mask

Kategori : Drama

Produksi : Sony Picture

Sutradara : Dave Mckean

Helena seorang gadis yang dibesarkan dalam dunia sirkus. Helena suka sekali menggambar di kertas dan menempelkannya di dinding. Semua gambarnya bercorak hitam putih. Helena juga menggambar disalah satu sudut tembok apartemen tempat dimana ia tinggal Ia bertengkar dengan ibunya karena benci dengan kehidupannya yang harus menghibur orang, ibunya mengingatkan bahwa ini adalah kehidupan yang sesungguhnya. Saat pertunjukkan berlangsung tiba-tiba ibunya sakit. Ayah berperan sebagai manejer. Dia kebingungan akan jadwal pertunjukkan yang harus pergi ke kota lainnya, tetapi istrinya sedang sakit. Helena merasa bersalah atas kejadian ibunya yang sakit karena malam itu ibunya akan dioperasi.

Suatu malam Helena seperti sedang mimpi, lalu ia bangun. Ia berjalan keluar kamar, melihat keadaan apatemen. Di ruangan ia melihat orang memakai pakaian sirkus ia pikir itu adalah teman-temannya yang sedang latihan. Tiba-tiba ada sesuatu yang mengejar dan menyebabkan temannya “hancur”. Ia berlari masuk keruangan mimpi. Ia terus kabur dengan memakai buku terbang. Mereka di buntuti oleh laba-laba bermata satu. Laba-laba tersebut melaporkan kepada Sang Ratu. Helena tidak merasakan sebuah dunia yang aneh. Sahabatnya menerangkan bahwa dulunya ini adalah dunia yang nyaman. Tiba-tiba helena di tangkap oleh laba-laba berkaki empat dan tinggi untuk dibawa keistana. Dalam perjalanan ia melihat dirinya sedang tidur di kamar. Ia bertambah yakin bahwa ia sedang bermimpi.

Sampai diistana ia bertemu dengan PM yang tidak lain adalah ayahnya sendiri. PM menanyakan bahwa apakah ia “ratu”. Helena menjawab bahwa ia baru saja datang, dan ini hanyalah sebuah mimpi yang bodoh. PM mengajak melihat Ratu yang sedang tertidur yang tak lain adalah ibunya sendiri. PM menceritakan bahwa ada kerajaan terang dan kegelapan. Suatu hari ada seorang princess yang mirip dengan Helena datang dari kerajaan gelap yang membuat Ratu kerajaan terang tertidur. Lalu Helena berjanji akan membangunkan sang Ratu.

Valentine mengajak Helena ke seebuah perpustakan. Penjaga perpustakaan menjelaskan ada seorang gadis yang menggambar ada sebuah kota terang dan bayangan. Gambarnya adalah suatu refleksi dunia yang ia inginkan. Di perpustakaan ia mendapat sebuah buku The Real Useful Book yang memebrikan panduan apa yanng harus dilakukannya.

Dalam perjalanan ia melihat kamarnya tetapi sahabatnya tidak melihat apa-apa. Dari situ ia mendapat petunjuk jalan yang harus dilalui. Ia bertemu dengan patung besar dan mendapatkan sebuah kunci darinya. Patung itu mengatakan bahwa yang bisa membangunkan sang putri adalah cermin topeng. Diperjalanan ia masuk kesebuah toko topeng. Penjaganya tak lain adalah nany. Pada saat masuk ke kamar mandi ia melihat ke jendela: di dalam kamar “ia” sedang bertengkar dengan ayahnya, helena melihat itu dari sebuah gambar yang ia tempel di dinding kamarnya, dengan gambar, toko topeng.

Dalam perjalanan ia melihat menara yang berbentuk sama dengan kuncinya. Waktu ingin naik, ia terjatuh dan bertemu “burung”. Tiba-tiba burung tersebut diserang yang menutupi wajah mereka yang mebujat mereka jahat. Helena di bawa kabur dengan burung yang jahat tapi akhirnya dapat diselamatkan oleh burung. Lalu helena di bawa terbang ke tempat tujuannya.

Kemudian ia melihat jendela lagi yang memperlihatkan ia sedang berciuman dengan seorang yang ia benci di kamarnya. Helena berpikir bahwa ini memang adalah mempinya dan ia semestinya mengerti harus berbuat apa. Lalu ia masuk pada suatu kubah dan melihat banyak lubang kunci. Ketika mencoba kunci yang ia bawa, tiba-tiba terguncang karena princess kegelapan menyobek semua gambar didinding kamarnya. Helena melihat semuanya dari sebuah jendela.

Tiba-tiba Helena di tangkap dan diserahkan oleh Ratu kegelapan. Ia meminta bantuan kepada sahabatnya. Tetapi Ratu Kegelapan memberinya intan permata. Sang ratu bermaksud menjadikanm Helena anaknya sebagai pengganti anaknya yang sekarang hidup di dunia helena. Helena tidak mempunyai pilihan lain. Helena pun berbusana seperti ratu kegelapan.

Sahabatnya masuk lagi kedalam kubah untuk mencocokkan kunci kembali. Akhirnya ia medapatkan sebuah petunjuk. Lalu menghampiri Helena. Di kamar helena ada sebuah cermin. Lalu ia menempelkan wajahnya kecerminya itu lalu menarik kembali dan membentuk sebuah topeng. Lalu mereka kabur dari ratu kegelapan.

Dalam perjalanan Valantine merebut topeng itu untuk keluar dari dunianya. Tetapi di dunia nyata ia menjadi seorang pramuniaga. Akhirnya valentine mencopot topeng itu.

Ratu kegelapan mengejar. Helena menyakini bahwa ia bukanlah anaknya. Valentine memanggil bantuan karena dia adalah anak lelaki yang mempunyai menara penyelamat. Mereka masuk kedalam menara dan kabur. Helena melihat jendela lagi dan meminta valentine untuk memberikan topengnya karena itu adalahsatu-satunya jendela yang tersisa. Semua gambar yang ada didinding kamar Helena sudah di robek oleh princess. Princess senang dengan usahanya untuk hidup selamnya di dunia nyata. Lalu ia keluar di salah satu sudut apartemen yang ia tidak sadari bahwa helena pernah menggambar disiitu. Lalu helena mengambil kesempatan dengan memakai topengnya. Mereka pun berganti dunia kembali. Sang putri terang membuka matanya.

Helena tertidur di salah satu sudut apartemen. Ayahnya membangunkan Helena. Saat itu telpon berdering yang menggambarkan bahwa ibu nya sudah sembuh.

Semuanya beraktiitas seperti biasa kembali. Ibunya yang jual tiket, helena menemani didekat deretan antrian pengunjung. Secara tidak sengaja ia menabrak seorang laki-laki yang tak lain adalah valentine.

Pendapat

Film mengenai mimpi seorang anak gadis. Memakai effect animasi yang bagus. Penonton di buat heran dengan bentuk-bentuk tokoh pada saat di dunia mimpi. Bentuk2 ini dapat menyebabkan bosan.

No comments:

Post a Comment

Dow Jones chart for TODAY

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright 2007 All Right Reserved. shine-on design by Nurudin Jauhari. and Published on Free Templates