find article

Custom Search

AdSense Ads

Monday, July 7, 2008

Call for Entry Kompetisi Film Dokumenter Indonesia Festival Film Dokumenter VII 2008

Kompetisi Film Dokumenter Indonesia Festival Film Dokumenter telah menginjak penyelenggaraan yang ke-7. FFD sampai saat ini masih menjadi satu-satunya festival film khusus film dokumenter di Indonesia, dengan kompetisi film dokumenter sebagai salah satu program utama, selain program-program pemutaran, diskusi, workshop, masterclass, schooldoc, dan lain-lain. Selama penyelenggaraannya, Kompetisi FFD telah diikuti lebih dari 300 filmmaker dari seluruh Indonesia, dengan para juri dari dalam dan luar negeri, antara lain: PM Laksono, JB Kristanto, Seno Gumira Ajidarma, C.Q. Van Heeren (Belanda), Marie le Sourd, Alain Compost (Prancis), Curtis Levy (Australia), Garin Nugroho, Yudi Datau, dll.

Kompetisi FFD 2008 tampil dengan format baru yang diharapkan dapat semakin memajukan perkembangan film dokumenter di Indonesia, dengan kategori: LENGTH DOCUMENTARY(Kompetisi Film Panjang Dokumenter Indonesia), SHORT DOCUMENTARY(Kompetisi Film Pendek Dokumenter Indonesia), dan Kompetisi Film Dokumenter Pelajar.

Kompetisi FFD terbuka untuk umum, tanpa biaya pendaftaran. Penerimaan karya akan dimulai 17 Juni sampai 30 Oktober 2008. Kompetisi FFD akan memilih masing-masing 10 film finalis untuk setiap kategori yang akan ditampilkan dalam puncak festival di bulan Desember. Para finalis juga berhak untuk ikut dalam program Master Class Film Dokumenter Indonesia atau program-program FFD yang lain. Pemenang akan mendapatkan piala, piagam, uang tunai, dan hadiah dari sponsor.

Kilas FFD I-VI
Festival Film Dokumenter (FFD), dilaksanakan secara rutin setiap tahun. FFD pertama diselenggarakan pada tanggal 10-11 Agustus 2002. FFD kedua dilaksanakan pada tanggal 10-12 Desember 2003. FFD ketiga dilaksanakan pada 13-18 Desember 2004. FFD keempat dilaksanakan pada 13-17 Desember 2005. FFD Kelima dilaksanakan pada 11-16 Desember 2006. FFD keenam dilaksanakan pada 10-15 Desember 2007. Dalam festival ini, dilaksanakan program-program: Kompetisi Film Dokumenter Indonesia, Pemutaran Film Dokumenter, Diskusi, Workshop Film Dokumenter, Klinik Film Dokumenter, Masterclass, Schooldoc, dan Temu Komunitas Film.

FFD dilaksanakan oleh Komunitas Dokumenter dengan semangat gotong royong dan kerja sama dengan berbagai pihak, dari latar belakang dan lingkungan yang beragam, baik institusi, lembaga, dan personal. Kepanitian festival melibatkan para volunter dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta. FFD juga melibatkan para pelajar SMU dalam ajang penjurian komunal dan penulisan apresiasi film dokumenter, selain pelaksanaan pendidikan apresiasi film dokumenter bagi siswa SD dan SMP. Dalam kancah internasional, FFD telah menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga, antara lain: Pusat Kebudayaan Jepang, Deutsche Welle Akademie (DW TV, Jerman), Appalshop Community (Kentucky, Amerika Serikat), Russian Center for Science and Culture, Centre Culturel Francais, Canada Embassy, International Documentary Film Festival Amsterdam (IDFA), dll.

Selama enam kali penyelenggaraan festival, FFD bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki kompetensi dan perhatian di bidang film dokumenter dan kebudayaan secara luas, sebagai juri, pengisi diskusi, dan pemateri workshop, antara lain: Garin Nugroho, Ashadi Siregar, Fred Wibowo, Faruk HT, P.M. Laksono, Yudhi Datau, Joshua Barker (Kanada), C.Q. Van Heeren (Belanda), Alain Compost (Prancis), Seno Gumira Ajidarma, N. Nuranto, Elizabeth Barret (Amerika Serikat), Mark Achbar (Kanada), Curtis Levy (Australia), Larry Weinstein (Kanada), JB Kristanto, ST Sunardi, Lulu Ratna, Arturo GP, Arya Agni, Michael Sheridan (Amerika Serikat), Peter Wintonick (Canada), Anand Patwardhan (India), dll.

Kompetisi Film Dokumenter Indonesia Festival Film Dokumenter VII 2008 Kategori Film Panjang, Film Pendek, dan Film Pelajar

Persyaratan Umum:

  • Kompetisi terbuka untuk warga negara Indonesia.
  • Film peserta kompetisi harus film dokumenter (panitia memiliki hak untuk mengkualifikasikan apakah film peserta termasuk film dokumenter atau tidak).
  • Karya film merupakan produksi tahun 2007-2008.
  • Film tidak berupa profil lembaga/perusahaan, iklan layanan masyarakat, trailer film dan video musik.
  • Film utuh tanpa disertai potongan jeda untuk iklan (blank spots for commercial break).
  • Materi film (objek, musik, stock shoot, dan lain-lain) tidak melanggar hak cipta. Pelanggaran dan gugatan atas hak cipta terhadap karya yang diikutkan dalam kompetisi ada di luar tanggung jawab Panitia.
  • Format materi karya DVD Video Pal/ miniDV Pal.
  • Hak Cipta tetap dimiliki oleh Peserta.
  • Panitia berhak mempergunakan materi yang diikutsertakan dalam kompetisi untuk kegiatan Festival Film Dokumenter.
  • Karya diterima Panitia paling lambat 31 Oktober 2008.
  • Untuk Kategori Film Panjang, durasi film minimal 45 (empat puluh lima) menit, termasuk credit title.
  • Untuk Kategori Film Pendek, durasi film maksimal 30 (tiga puluh lima) menit, termasuk credit title.
  • Untuk Kategori Film Pelajar, peserta terbuka untuk pelajar, durasi film maksimal 30 (tiga puluh lima) menit, termasuk credit title.
  • Film-film yang lolos seleksi dan masuk ke penjurian final (kecuali Kategori Film Pelajar) wajib menyerahkan karya film dengan sub-title Bahasa Inggris.

Kelengkapan Pendaftaran:

  • Formulir pendaftaran yang telah diisi dengan lengkap dan benar.
  • Materi film :
    • Preview Copy (Materi film yang akan digunakan saat seleksi administrasi) dalam bentuk DVD Video Pal atau MiniDV Pal
    • Screening Copy ( Materi film yang akan diproyeksikan ke layar lebar untuk keperluan penjurian dan pemutaran saat festival) dalam bentuk DVD Video Pal atau MiniDV Pal (Master Quality).
  • Foto potongan adegan film/Still photo berbentuk file elektronik/digital dengan ukuran resolusi 300dpi format .jpeg dalam CD terpisah (digunakan saat seleksi administrasi dan keperluan cetak katalog).
  • Sinopsis film dalam bahasa Indonesia dan Inggris (maksimal 500 karakter atau ½ halaman kuarto).
  • Fotokopi tanda pengenal.
    • Kartu pelajar untuk peserta kategori pelajar.
    • KTP/SIM/Paspor untuk peserta kategori film umum.

Semua kelengkapan pendaftaran dikemas dalam satu amplop tertutup dan dikirim ke sekretariat panitia dengan alamat:

Festival Film Dokumenter 2008
Jalan Sajiono No. 15, Kotabaru
Yogyakarta 55224, Indonesia
Telp: 0274-7102672

Info lengkap:

Blog : www.festivalfilmdokumenter.blogspot.com
Web : www.festivalfilmdokumenter.org

No comments:

Post a Comment

Dow Jones chart for TODAY

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright 2007 All Right Reserved. shine-on design by Nurudin Jauhari. and Published on Free Templates